Ratna Daya Siap Deklarasikan Desa Open Defecation Free (ODF)

  • 21 February 2019
  • Dibaca: Pengunjung
http://ratnadaya-lampungtimur.desa.id/upload/2019/02/PhotoGrid_15506647539922.jpg

Ratna Daya Siap Deklarasikan Desa Open Defecation Free (ODF)

 

Raman Utara- Kesadaran akan pentingnya Kebersihan Lingkungan dengan menghindari buang air sembarangan mulai bangkit di Desa Ratna Daya, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

 

Dalam acara verifikasi ini, dibahas tentang kesehatan dimasyarakat indonesia dan Pemahaman Desa Open Defecation Free (ODF) , Masyarakat telah mendapatkan pembinaan secar teratur tentang wc cemplung  dari tim kabupaten, yang langsung melakukan verifikasi dilapangan dan alhamdulillah Ratna Daya telah bebas wc Cemplung dan siap mengikuti Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF). Terdapat 5 pilar dalam ODF yaitu: buang air besar, cuci tanagan, pengelolaan air minum, pengelolaan sampah dan pengelolaan limbah agar hidup sehat.

 

Salah satu Program Kerja Program Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS)  harus Desa Open Defecation Free (ODF) yaitu bebas dari wc cemplung , di Balai  Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Raman Utara. (20/2).

 

Acara ini Turut dihadiri Tim Provinsi, Tim Kabupaten, Camat Raman Utara Bapak Adnan, S.IP, Polri  Bidan Puskesmas , Perwakilan Sanitarian Tika Nur Ardiyanti, Bidan Desa Suci Eliza Puri, Kepala Desa Ratna Daya Bapak Mujiono,  dan Perangkat Desa

 

" Kami Tim Kabupaten yang telah melakukan verifikasi, Sudah tidak ada lagi wc cemplung, dan  berharap mengikuti langkah ke dua yaitu kebersihan tangan dengan membuat sarana cuci tangan yang sederhana disetiap halaman rumah dan penanaman tanaman obat, serta memanfaatkan kotoran sapi untuk diolah menjadi pupuk. guna menciptakan desa ODF dan bersiap untuk ikut lomba Desa ",tutur anita Tim Verifikasi Kab. Lamtim.

 

Kepala Desa Ratna Daya mengungkapkan terimakasih kepada Puskesmas Raman Utara yang memberikan bantuan bowel , Perangkat Desa yang ikut mengecek Jamban masing-masing dusun.

"semoga dengan ada Verivikasi dan Deklarasi ini, Warga Desa Ratna Daya lebih mudah BAB dan menciptakan Lingkungan yang sehat, aman, dan indah",paparnya.

 

 

Marwan Warga Desa Ratna Daya yang mendapatkan Bantuan Bowel mengucapkan terimakasih  kepada semua pihak yang ikut andil dalam pemberian bantuan Bowel, semoga Desa Ratna Daya  menjadi  Desa Open Defecation Free (ODF) dan semakin meningkat kebersihan lingkungannya.